Bagikan:

Perkembangan seni rupa di Gorontalo dimulai dari  hadirnya pendidikan formal seni rupa seperti di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), serta dibarengi dengan tumbuhnya inisiatif komunitas perupa sejak tahun 2013. Pergerakan tersebut, dimotori oleh perupa yang belajar secara mandiri (otodidak), pengajar seni rupa, dan ditambah lulusan pendidikan seni rupa. Mereka hadir mengisi ruang-ruang publik dan terlibat langsung di dalam acara-acara budaya, festival serta bekerjasama dengan institusi atau komunitas lain seperti menggarap seni mural.

Perkembangan yang terjadi berikutnya ditandai oleh kehadiran ruang formal, seperti berdirinya Museum Provinsi Gorontalo dan kehadiran Riden Baruadi Gallery pada tahun 2015. Di Tahun 2017 ini karya-karya perupa Gorontalo juga disandingkan bersama karya-karya maestro Indonesia melalui program pameran keliling koleksi Galeri Nasional yang di selenggarakan di Museum Popa Eyato Provinsi Gorontalo.

Apresiasi terhadap perkembangan dan prestasi para perupa Gorontalo terus tumbuh dari berbagai kalangan. November 2017, Riden Baruadi GALLERY akan menggelar pameran lukisan on paper antara perupa Fandhy Rais dengan watercolor dan perupa Pipin Idris dengan conte yang kesemuanya menggunakan media kertas. Karya-karya yang akan dipamerkan merupakan karya terpilih dari perupa Gorontalo yang telah melalui proses kuratorial dan dapat dipertanggung jawabkan nilai serta kualitas artistik dan estetikanya.

Pameran Lukisan On Paper akan berlangsung mulai tanggal 21 – 30 November 2017 bertempat di Riden Baruadi Gallery, Jl. Raja Eyato no. 124, Limba B, Kota Selatan, Kota Gorontalo.

Selama 10 hari berbagai kegiatan akan berlangsung dalam Pameran ini, diantaranya Sketsa bersama Perupa Gorontalo, Diskusi Seni Rupa, Pemutaran film seni rupa, Workshop dan Respon Puitik Karya Seni.

Silahkan mengajak teman, kerabat, tetangga, rekan kerja untuk turut serta menikmati karya seni dalam Pameran Lukisan On Paper.

 

* *narahubung Perupa Gorontalo : 081353195487 (Awaluddin)

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *