Bagikan:

“Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.”- Nelson Mandela

Jika kita ingin mengubah dunia, maka lewat pendidikanlah caranya. Hal ini lah yang dipercaya oleh komunitas Nusawarna dan mereka memulainya dari anak-anak di salah satu dusun kecil di Kabupaten Gorontalo Utara.

Di desa yang cukup terpencil itulah, komunitas Nusawarna Gorontalo, tiga tahun terakhir menggelar berbagai kegiatan literasi.

Mereka mendirikan sebuah gubuk kecil 3 x 4 meter. Tempat  yang mereka sebut sebagai ruang mimpi. Di sanalah komunitas yang berfokus pada pendidikan daerah terpencil itu mengajarkan anak-anak nelayan berbagai hal; belajar membaca, pengetahuan umum, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya.

Anak didik Nusawarna Gorontalo disebut sebagai Pasukan Hebat, anak-anak ini didorong untuk berani bermimpi dan mewujudkannya walaupun hanya tinggal di dusun kecil di desa Dudepo.

Saat ini Nusawarna dan Carelaig berkolaborasi untuk sebuah project bernama Pustaka Pesisir. Buku adalah jendela dunia, tapi sayangnya banyak adik-adik kita tidak memperoleh akses untuk membaca buku, entah karena koleksi buku yang tidak memadai atau tidak ada buku yang menarik untuk anak-anak.

Dalam data ada sekitar 25.728 perpustakaan di Indonesia, namun itu belum cukup melihat besarnya luas wilayah Indonesia. Itu artinya ada ratusan atau ribuan daerah tidak mempunyai akses untuk membaca buku.

Kami mengajak kamu untuk ikut berpartisipasi dalam program Pustaka Pesisir, kami berupaya untuk membantu memberikan akses buku ke sejumlah tempat terutama di wilayah pesisir Indonesia. Melalui program Pustaka Pesisir kami mengumpulkan dan menyalurkan buku di beberapat tempat di pesisir Indonesia.

Satu buku yang kamu berikan, sama dengan memberi mereka jendela untuk melihat dunia.

Ayo! Ikut menjadi pahlawan literasi untuk anak-anak di wilayah pesisir.

DONASI

Bagikan:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *