Bagikan:
Kegiatan lintas komunitas, yang menjadi wadah ekspresi karya perupa, penyair dan seniman yang dilaksanakan di kompleks Rumah Pendaratan Soekarno.
Rp1.560.000,00 donated
4 Donors
Campaign has ended

Danau Limboto terletak di daerah Provinsi Gorontalo yang diperkirakan akan hilang pada tahun 2025, karena pada tahun ke tahun mengalami pendangkalan serta penyempitan luas dan penyusutan areal danau. Menurut data dari Badan Lingkungan Hidup Riset dan Teknologi (BALIHRISTI) Gorontalo, pada tahun 1932, luas danau Limboto ± 8.000 Hektare dengan kedalaman ±30meter. Tahun 1970 luas menjadi ± 4.500 Hektare dengan kedalaman ±15meter, tahun 2003 luas menjadi ± 3.054 Hektare dengan kedalaman ±4meter, tahun 2010 luas menjadi ±2.537 Hektare dengan kedalaman ±4meter, sedangkan tahun 2012 danau Limboto menyusut ±1.876 Hektare menjadi dengan kedalaman hanya ±2,5meter. Masalah lain pertumbuhan enceng gondok, penurunan kualitas air danau, penyusutan populasi dan biota perairan, serta okupasi tanah yang timbul di kawasan danau Limboto oleh masyarakat.

Danau Limboto berfungsi sebagai penyedia Air bersih, habitat tumbuhan dan satwa, pengatur fungsi hidrologi, pencegah bencana alam seperti banjir, stabilisasi system dan proses alam. Danau Limboto juga sebagai penghasil sumberdaya alam hayati, energy, sarana transportasi, rekreasi, dan olahraga, sumber perikanan baik perikanan budidaya maupun perikanan tangkap, sebagai sarana penelitian dan pendidikan. Pemberdayaan Potensi dan asset daerah, serta pemahaman masyarakat khususnya di sekitar danau Limboto, bahwa alam dan lingkungannya perlu dijaga kelestariannya yang merupakan tanggungjawab kita semua.

Sejak tahun 2012 kelapabatu bekerjasama dengan beberapa komunitas lintas bidang telah menggelar beragam kegiatan di Rumah Pendaratan Soekarno, Tepi Danau Limboto Desa Iluta,Batudaa,Gorontalo yaitu pameran foto dokumentasi sejarah, pemutaran film nasionalis, sepeda sehat, & donor darah. Tahun 2013 hingga 2015 dengan dukungan banyak pihak ragam kegiatan bertambah dengan pameran instalasi seni, melukis bersama, hiburan musik tradisional, baca puisi, dan program seni lingkungan terutama terkait kondisi danau Limboto. Tahun 2016 digelar pentas kolaborasi merespon kondisi danau Limboto yang dimulai dari workshop tari kontemporer, seni instalasi bambu, dan musik kontemporer. Pagelaran tersebut melibatkan seniman Gorontalo, jaringan seniman Bali, Blora, Russia, dan Australia. Perupa Gorontalo Pipin Idris juga membuat patung Garuda & diarak bersama warga ±17 km ke lokasi kegiatan. Pembiayaan kegiatan tersebut 93% berasal dari sukarelawan berupa donasi internal, penjualan kaos, souvenir, stiker, pin, dan kopi Pinogu, serta sisanya berasal dari lembaga lingkungan hidup tanpa adanya kontraprestasi.

Di tahun 2017 ini, kelapabatu bekerjasama dengan beberapa komunitas lintas bidang ingin kembali menjadi bagian kecil yang peduli dengan keselamatan lingkungan khususnya wilayah Danau Limboto. Hal ini akan diwujudkan dengan menggelar pagelaran ke-7 secara rutin di areal Rumah pendaratan Soekarno. Olehnya, kembali membuka kesempatan dan mengajak kepada individu-individu dari semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi mendonasikan dana demi keberlangsungan program kampanye masa depan Danau limboto dan lingkungannya melalui pertunjukan seni, budaya, dan sastra.

TUJUAN KEGIATAN

  1. Pentas kolaborasi untuk merespon kondisi danau Limboto melalui pelbagai kegiatan,
  2. Sebagai kampanye masa depan danau Limboto melalui pertunjukan seni, budaya, dan sastra,
  3. Sebagai kegiatan bersama lintas komunitas dan lintas latar belakang
  4. Menjadi wadah ekspresi karya perupa, penyair, dan seniman Gorontalo maupun luar Gorontalo,
  5. Membuka apresiasi masyarakat untuk setiap karya yang ditampilkan,
  6. Menumbuhkan minat masyarakat Gorontalo untuk mengunjungi museum pendaratan Presiden Soekarno di Iluta, Batudaa.

JENIS KEGIATAN
Jenis kegiatan yang akan di gelar meliputi:

  1. Tadarus Puisi
  2. Lomba Foto Danau Limboto
  3. Lomba Poster Danau Limboto
  4. Lomba Menulis Surat Cinta untuk Danau Limboto
  5. Pameran foto dokumentasi sejarah Gorontalo
  6. Pemutaran film dengan tema Nasionalis dan Lingkungan
  7. Mural
  8. Instalasi Bambu & Performance Art
  9. Kompetisi Peracik Kopi PinoguTEMPAT KEGIATAN

Seluruh rangkaian kegiatan dipusatkan di Rumah pendaratan Soekarno tepi danau Limboto, Desa iluta, Kec. Batudaa, kabupaten Gorontalo, provinsi Gorontalo.

WAKTU KEGIATAN
Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 13 – 20 Agustus 2017

Kami percaya ada banyak bentuk peduli terhadap Danau Limboto. Bergabung menjadi relawan atau berdonasi bisa menjadi salah satu bentuk kecilnya.

Untuk mendaftar sebagai relawan  Admin Publikasi Sosial Media Photographer & Videographer

Bagikan:

2 thoughts to “Donasi Iluta

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *